SMP 2 SEMESTA

Metode Pembelajaran

SMP Semesta 2 menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi sebagai sarana penunjang pembelajaran peserta didik. Perangkat digital berupa iPAD diberikan kepada setiap peserta didik kelas VIII, sedangkan Chromebook diberikan kepada setiap peserta didik kelas VII dan IX untuk digunakan sebagai sarana utama dalam proses pembelajaran. Setiap kelas dilengkapi dengan perangkat interactive flat panel untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Metode Penilaian

SMP Semesta 2 melaksanakan beberapa penilaian meliputi

  1. Tes formatif: Penilaian Harian (Quiz/Unit Test), penilaian Praktik (Tugas, Presentasi, Portofolio), remedial dan pengayakan.
  2. Tes sumatif: EASE (Evaluation of Achievement Standardized Exam)
    1. EASE 1 (1st Midterm Exam)
    2. EASE 2 (1st Final Exam)
    3. EASE 3 (2nd Midterm Exam)
    4. EASE 4 (2nd Final Exam
    5. Ujian Sekolah (pengetahuan dan praktik) untuk kelas IX.
  3. Placement Test (english, matematika) untuk siswa baru 
  4. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)  untuk kelas VIII 
  5. Ujian Standar Khusus (bersifat mandiri):
    1. Tes psikologi
    2. KET dan PET

Hasil penilaian tersebut kami akan laporkan sebagai berikut:

  1. Rapor Tengah Semester (Midterm Report)
  2. Rapor Akhir Semester (1st/2nd Semester Report
  3. Guidance Report (setiap akhir semester) 
  4. Laporan Khusus sesuai dengan Penilaian yang dilaksanakan di luar laporan no 3-5.

Dalam proses penilaian pembelajaran:

  1. Penilaian formatif dan sumatif dilakukan atas pengetahun dan ketrampilan, dengan fokus lebih utama pada penilaian formatif.
  2. Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) disesuaikan dengan ranah bidang mata pelajaran.
  3. KKTP sekolah (dalam angka), minimal 75.

KKTP mata pelajaran EASE (dalam angka), minimal 85.

KKTP mata pelajaran non-EASE (dalam angka), minimal 88.

KKTP khusus untuk peserta didik berkebutuhan khusus.

  1. Hasil asesmen terdata di grade book aplikasi Edunav yang dimiliki oleh setiap peserta didik, dan akun untuk setiap orang tua.
  2. Percepatan pengembangan kompetensi dasar peserta didik:
  1. Kelas bahasa Inggris dengan 2 kelompok belajar, bersifat tidak permanen.
  2. Kelas matematika dengan 2 kelompok, bersifat tidak permanen.
  3. Kelas literasi
  4. Kelas numerasi
  5. Remedial
id_IDID